:h ده ن ع ع k ضوh و م و h ه ه، ف س ف ى ن عل ه اب كت ي ب ف كت ق، ل خ ل ا h ا ضى ما ق م: " ل سل و ه ي عل h ا ى صل ا ل h سوh ر ل ا ل: ق ا ق رة ي ر h ي ه ب ن أ ع
ي ضب غ ب h غل ي ت مت ح ر ن "إ
رواه مسلم (وكذلك البخاري والنسائي وابن ماجه)
Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a, dia berkata; telah bersabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم, “Ketika Allah
menetapkan penciptaan makhluk, Dia menuliskan dalam kitab-Nya ketetapan untuk diri-Nya
sendiri: Sesungguhnya rahmat-Ku (kasih sayangku) mengalahkan murka-Ku”
~diriwayatkan oleh Muslim (begitu juga oleh al-Bukhari, an-Nasa-i dan Ibnu Majah)
Hadits Ke - 2
م ول ي من شت و ك، ذل h ه ن ل كh م ي ول م د ن آ h ب ي ا ن ذب ك ى: عال ت h ا ل ا ل: " ق ا م ق سل و ه ي عل h ا ى صل ي ب ن الن ع ، h نه ع h ا ي ض ر رة ي ر h ي ه ب ن أ ع
ذ خ : ات h هh ول ق ي ف ا ي إ h مهh ت ش ما وأ ه، دت عا ن إ م ي عل ن و ه أ ق ب ل خ ل ل ا h و س أ ي ول ي، ن دأ ما ب ك ي دن عي h ن ي : ل h هh ول ق ي ف ا ي إ h هh ذيب ك ما ت أ ك، ف ذل h ه ن ل كh ي
دk ح وا أ b h كفh ي ن ل كh م ي ول د، ول h م أ ول د ل م أ د، ل h م ص د ال h ح ل ا ا ن وأ دا، b ول h ا "
رواه البخاري (وكذلك النسائي)
Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a., bahwasanya Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda, telah Berfirman Allah
ta'ala: Ibnu Adam (anak-keturunan Adam/umat manusia) telah mendustakanku, dan mereka tidak
berhak untuk itu, dan mereka mencelaku padahal mereka tidak berhak untuk itu, adapun
kedustaannya padaku adalah perkataanya, “Dia tidak akan menciptakankan aku kembali
sebagaimana Dia pertama kali menciptakanku (tidak dibangkitkan setelah mati)”, aadpun celaan
mereka kepadaku adalah ucapannya, “Allah telah mengambil seorang anak, (padahal) Aku adalah
Ahad (Maha Esa) dan Tempat memohon segala sesuatu (al-shomad), Aku tidak beranak dan tidak
pula diperankkan, dan tidak ada bagiku satupun yang menyerupai”.
~ Diriwayatkan oleh al-Bukhari (dan begitu juga oleh an-Nasa-i)
Hadits Ke-3
ء ( ما س ر ث ى إ عل ة، ي يب د حh ل ا ح ب ب ص ال لة ص م سل و ه ي عل h ا ى صل ا ل h سوh ر ا ن ى ل صل ل: " ا ق h نه ع h ا ي ض ر ي، ن جهh ل د ا خال ن ب د ي ز ن ع
h ا وا: h ال م؟ ق كh رب ل ا ذا ق ما ن روh د ل ت م: "ه h ه ل ل ا ق س، ف ا ى الن عل ل قب م أ سل و ه ي عل h ا ى صل ي ب ف الن ر ص ن ما ا ل ة، ف يل ن الل م ت كان ١)
ب، ك و ك ل ا ر ب k كاف ي، ن ب k م ؤ مh ك ذل ه، ف مت ح ر و ا ل ض ف ا ب رن ط مh ل: ا ن ق م ما أ ر، ف k كاف و ي ن ب k م ؤ مh دي ا عب ن م ح صب ل: أ ا م، ق h عل أ h هh سول h ر و
ب ك و ك ل ا ن ب k م ؤ مh ي، ر ب k كاف ك ذل ذا، ف ك و ذا ك ء( ٢) و ن ا ب رن ط مh ل: ا ن ق م ما وأ "
رواه البخاري (وكذلك مالك والنسائي)
١. عقب مطر
٢. النواء: ثمان وعشرون منزلة, ينزل القمر كل ليلة في منزلة
Diriwayatkan dari Zaid bin Khalid al-Juhniy r.a, beliau berkata, Rasulullah صلى الله عليه وسلم memimpin kami
shalat shubuh di Hudaibiyah, diatas bekas hujan(1) yang turun malamnya, tatkala telah selesai,
Nabi م سل و ه ي عل h ا ى صل menghadap kepada manusia (jama'ah para shahabat), kemudian beliau
bersabda, “Tahukah kalian apa yang telah difirmankan Tuhan kalian?”, (para sahabat) berkata,
“Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui”, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, “(Allah Subhanahu wa ta'ala
berfirman) Pagi ini ada sebagian hamba-Ku yang beriman kepada-Ku dan ada yang kafir, adapun
orang yang mengatakan, 'kami telah dikaruniai hujan sebab keutamaan Allah (fadlilah Allah) dan
kasih sayang-Nya (rahmat-Nya), maka mereka itulah yang beriman kepada-Ku dan kafir kepada
bintang - bintang'; dan adapun yang berkata, 'kami telah dikaruniai hujan sebab bintang(2) ini dan
bintang itu, maka mereka itulah yang kafir kepada-Ku dan beriman kepada bintang - bintang' ”.
~ Diriwayatkan oleh al-Bukhari (dan begitu juga oleh an-Nasa-i)
1. “bekas langit” maksudnya bekas/akibat hujan
2. al-anwa': 28 tingkatan/keadaan; fase bulan setiap malam di tingkatan fasenya. (ditempat
lain disebutkan artinya adalah bintang – bintang, serupa dengan yang ada dilanjutan hadits
ini)
Hadits Ke-4
دي ي ر، ب h ه د ا ال ن وأ ر، ه د م ال د و آ h ن ي ب ن ب ب سh : ي h ا ل ا م: " ق سل و ه ي عل h ا ى صل ا ل h سوh ر ل ا ل: ق ا ، ق h نه ع h ا ي ض ر رة ي ر h ي ه ب ن أ ع
رh ا ه والن ل h ي "الل
رواه البخاري (وكذلك مسلم)
Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a, beliau berkata, telah bersabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم, “Allah Telah
Berfirman,'Anak – anak adam (umat manusia) mengecam waktu; dan aku adalah (Pemilik) Waktu;
dalam kekuasaanku malam dan siang' ”
~Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan begitu juga Muslim.
di dalam al-Qur'an, Allah Azza wa Jalla, menggunakan istilah - istilah yang berbeda untuk
menyebutkan waktu, pada ulama mendefinisikannya kurang lebih sebagai berikut:
1. dahr ( دهر ) = masa keberadaan alam semesta, mulai dari penciptaan alam semesta sampai
masa kiamat. Kata ini misalnya terdapat dalam al-Quran surah al-Insan ayat 1:
راb كوh ذ م ا b يئ ش ن كh م ي ر ل ه د ن ال م ن k حي ن سا ن ل ى ا عل ى ت ل أ ه
Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan
sesuatu yang dapat disebut?
2. ashr ( عصر ) = masa hidup yang dilalui sesuatu (seseorang), misalnya waktu ashr manusia,
yaitu masa hidup manusia mulai dari lahir hingga meninggal. Seperti yang disebutkan dalam
al-Quran surah al-ashr ayat:1 :
ر ص ع ل وا
Demi masa
3. ajal ( أجل ) = masa berakhirnya sesuatu, misal: ajal manusia. Seperti dalam surah Yunus ayat
49.
ن موh د ق ست ل ي و ¶ b عة سا ن روh خ أ ست ل ي م ف h هh جل ء أ جا ذا إ · ل k ج ة أ م h ل أ كh ل ¸ h ا ء شا ما ل عا إ b ف ل ن و را b ض سي ف ن ك ل h مل ل أ ل h ق
Katakanlah: "Aku tidak berkuasa mendatangkan kemudharatan dan tidak (pula)
kemanfaatan kepada diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah". Tiap-tiap umat
mempunyai ajal. Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat
mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya).
4. Waqt ( وقت ) = masa dimana suatu pekerjaan harus selesai, misal waktu sholat, dst. Seperti
digunakan dalam surah an-Nisa ayat 103 (dalam bentuk jamak = mauqut)
ن ي من ؤ مh ل ى ا عل ت كان لة ص ن ال إ · لة ص موا ال h ي ق أ م ف h نت ن مأ ط ذا ا إ ف · م كh وب h جنh ى عل و دا b عوh h وق ما b ا ي ق ا روا h كh ذ ا ف لة ص م ال h h يت ض ذا ق إ ف
اb وت h وق م ا b اب كت
Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di
waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka
dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang
ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.
Hadits Ke – 5
ك؛ ر ش ن ال ع ء كا ر ش ى ال غن ا أ ن ى: أ عال وت ك ر ا ب ت h ا ل ا م: " ق سل و ه ي عل h ا ى صل ا ل h سوh ر ل ا ل: ق ا ، ق h نه ع h ا ي ض ر رة ي ر h ي ه ب ن أ ع
h كه ر ش و h هh كت ر ري( 1)، ت ي غ عي م ه ي ك ف ر ش ل أ b م ع ل م ع ن م ."
رواه مسلم (وكذلك ابن ماجه)
Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a, beliau berkata, Telah bersabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم, “Telah
berfirman Allah tabaraka wa ta'ala (Yang Maha Suci dan Maha Luhur), Aku adalah Dzat Yang
Maha Mandiri, Yang Paling tidak membutuhkan sekutu; Barang siapa beramal sebuah amal
menyekutukan Aku dalam amalan itu(1), maka Aku meninggalkannya dan sekutunya”
~ Diriwayatkan oleh Muslim (dan begitu juga oleh Ibnu Majah)
1. Adalah juga termasuk syirik jika seseorang beramal dengan amalan disamping ditujukan
kepada Allah Subhanahu wa ta'ala juga ditujukan kepada yang selain-Nya.
Hadits ke – 6
لh وh ق م ي سل و ه ي عل h ا ى صل ا ل سوh ر ت h ع م س ل: ا ، ق h نه ع h ا ي ض ر رة ي ر h ي ه ب ن أ ع
ى " حت ك ي ت ف h ل ات ل ق ا ا؟ ق يه ت ف ل م ع ما ل: ف ا ا، ق ه رف ع ف h مه ع ن h ه رف ع ه ف ي ب تh أ د، ف ه ش h ست ل ا k جh ر ه ي عل ة م ا ي لق م ا و ضى ي ق h س ي ا ل الن و ن أ إ
م عل ل ت k جh ر و ر. ا ي الن ي ف لق h ى أ حت ه ه ج و ى عل ب ح سh ه ف ر ب م h م أ h ل، ث ي د ق ق ء، ف k ري ج ل: ا قh ن ي ل ت ل ات ك ق كن ول ت، ب ذ ك ل: ا ت، ق h د ه ش h ست ا
ل: ا ن، ق رآ h لق ك ا ي ت ف h أ ر وق ، h هh مت عل و م ل ع ل ت ا h م عل ل: ت ا ا؟ ق يه ت ف ل م ع ما ل: ف ا ا، ق ه رف ع ف h مه ع ن h ه رف ع ه، ف ي ب تh أ ن، ف رآ h لق ا رأ وق h مه عل و م ل ع ل ا
ي ي ف لق h ى أ حت ه ه ج و ى عل ب ح سh ه، ف ر ب م h م أ h ل، ث ي د ق ق ئ، ف k ر ا و ق h ل: ه ا قh ي ن ل رآ h لق ت ا أ ر وق م، k عال ل: ا قh ي م ل ل ع ل ت ا م عل ك ت كن ول ت، ب ذ ك
ن م ت h ك ر ما ت ل: ا ا؟ ق يه ت ف ل م ع ما ل: ف ا ا، ق ه رف ع ف h مه ع ن h ه رف ع ه، ف ي ب تh أ ه، ف كلh ل ما ل ف ا ا صن ن أ م h اه عط وأ ه، ي عل h ا ع س و ل k جh ر و ر. ا الن
م h ه، ث ه ج و ى عل ب ح سh ه ف ر ب م h م أ h ل، ث ي د ق ق د، ف k وا ج و h ل: ه ا قh ي ت ل ل ع ك ف كن ول ت، ب ذ ك ل: ا ك، ق ا ل يه ت ف h ق نف ل أ ا إ يه ق ف نف h ن ي ب أ ح h ل ت ي سب
ر ا ي الن ي ف لق h ."أ
(رواه مسلم (وكذلك الترمذي والنسائي
Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a, beliau berkata, Aku telah mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم
bersabda, “Sesungguhnya salah seorang yang pertama di hisab di hari kiamat adalah seorang lakilaki
yang mati syahid (gugur dalam peperangan); kemudian disebutkan baginya semua
kenikmatan-kenikmatan yang diberikan kepadanya, dan dia mebenarkannya. Kemudia Allah
Subhanahu wa ta'ala bertanya kepadanya, 'Apa yang kamu kerjakan dengan nikmat itu?', lelaki itu
menjawab, 'Aku berperang untuk-Mu hingga aku syahid'; Allah menjawab, “Kamu berdusta,
(akan tetapi sesungguhnya) engkau berperang agar orang menyebutmu pemberani, dan (orang –
orang) telah menyebutkan demikian itu, kemudian diperintahkan (malaikat) agar dia diseret di atas
wajahnya hingga sampai di neraka dan dilemparkan kedalamnya”.
Dan (selanjutnya adalah) seorang laki – laki yang mempelajari ilmu dan mengamalkannya serta
dia membaca al-Quran, kemudian dia didatangkan, kemudian disebutkan nikmat – nikmat yang
diberikan kepadanya dan dia membenarkannya. Kemudian Allah bertanya, 'Apa yang kamu
kerjakan dengan nikmat – nikmat itu?' lelaki itu menjawab, 'Aku mencari ilmu dan
mengamalkannya/mengajarkannya, dan aku membaca al-Quran karena-Mu'. Allah berfirman,
“kamu berdusta, (akan tetapi) kamu mencari ilmu itu agar disebut sebagai 'alim (orang yang
berilmu), dan kamu membaca al-Quran agar orang menyebutmu qari', dan kamu telah disebut
demikian itu (alim & qari')” kemudian diperintahkan (malaikat) kepadanya, agar dia diseret di atas
wajahnya hingga sampai di neraka dan di masukkan kedalam neraka”
Dan (selanjutnya) seorang laki – laki yang diluaskan (rizkinya) oleh Allah. Dan dikaruniai
berbagai harta kekayaan. Kemudian dia dihadapkan, dan disebutkan nikmat – nikmat yang
diberikan kepadanya, dan dia membenarkannya. Kemudia Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman,
“Apa yang kamu kerjakan dengan nikmat – nikmat itu?”, lelaki itu menjawab, “Tidaklah aku
meninggalkan jalan yang aku cintai selain aku menginfakkan hartaku untuk-Mu”; Allah
Subhanahu wa ta'ala berfirman, “Kamu berdusta, tetapi kamu melakukan itu semua agar orang
menyebutmu dermawan, dan kamu telah disebut demikian”. Kemudian diperankkan (malaikat)
kepadanya, agar dia diseret di atas wajahnya, hingga sampai dineraka dan dimasukkan kedalam
neraka.
~HR. Muslim (dan begitu juga at-Tirmidzi dan an-Nasai)
Hadits Ke – 7
س أ ر ي م، ف غن عي را ن م ك رب ب h ج ع ل: " ي h وh ق م ي سل و ه ي عل h ا ى صل ا ل سوh ر ت h ع م س ل: ا ، ق h نه ع h ا ي ض ر ر، م عا ن ب ة قب عh ن ع
ذا دي ه ب ع ى ل روا إ h h نظ ل: ا ج و ز ع ، h ا ل h وh ق ي ي، ف صل h وي ة ل ص ال ن ب h ذ ؤ h ل( ١)، ي جب ل ة ا ظي ش ،
ة جن ل ا h هh لت خ د وأ دي، ب ع ت ل h ر غف د ي، ق من ف h خا ، ي لة ص م ال h ي قh وي ن h ذ ؤ h "ي
رواه النسائي بسند صحيح
Diriwayatkan dari Uqbah bin Amir r.a., beliau berkata, aku mendengar Rasulullah م سل و ه ي عل h ا ى صل
bersabda, “Tuhanmu bangga terhadap seorang pengembala kambing, yang berada di atas
gunung/bukit, dia mengumandangkan adzan untuk sholat dan mengerjakan sholat, kemudian
Allah 'azza wa jalla (Yang Maha Perkasa dan Maha Luhur) berfirman, 'Lihatlah hambaku ini, dia
mengumandangkan adzan dan menegakkan sholat (iqomat) karena takut kepada-Ku, maka
sesungguhnya Aku telah mengampuni hambaku ini, dan Aku akan memasukkannya kedalam
surga'”
~Diriwayatkan oleh an – Nasai dengan sanad yang shahih.
Hadits Ke – 8
( ج( 1 k دا خ ي ه ن، ف رآ h لق م ا h أ ا ب يه أ ف ر ق م ي ل b لة ص ى صل ن م ل: " ا م ق سل و ه ي عل h ا ى صل ي ب ن الن ع ، h نه ع h ا ي ض ر رة ي ر h ي ه ب ن أ ع
م سل و ه ي عل h ا ى صل ا ل سوh ر ت h ع م س ي ن إ ك، ف س ف ي ن ا ف ه أ ب ر ق ل: ا ا ق م، ف ما ل ء ا را و ن h كوh ا ن ن : إ رة ي ر h ي ه ب ل ل ي ق م، ف ما ر ت ي غ ا، b لث ث
ل ا ن } ق مي عال ل ب ا ر ل د h م ح ل د:{ ا h ب ع ل ل ا ا ذا ق إ ل، ف سأ ما دي ب ع ول ن، ي صف دي ن ب ع ن ي وب ي ين ب لة ص ت ال h م س ل: ق ج و ز ع h ا ل ا ل: ق h وh ق ي
ل ا ن } ق دي م ال و ك ي مال ل:{ ا ذا ق وإ دي، ب ع ي عل ى ثن ل: أ ج و ز ع h ا ل ا م } ق حي ر ن ال م ح ر ل:{ ال ا ذا ق وإ دي، ب ع ي دن م ح ل: ج و ز ع h ا
ما دي ب ع ول دي ب ع ن ي وب ي ين ذا ب ل: ه ا ن } ق h عي ست ك ن ا ي وإ د h h عب ك ن ا ي ل:{ إ ا ذا ق إ دي، ف ب ع ي ل ض إ و : ف b رة م ل ا وق دي - ب ع ي دن ج م : h ا
دي ب ع ول دي ب ع ذا ل ل: ه ا ن } ق ي ضال ل ال و م ه ي عل ب ضوh غ م ل ر ا ي غ م ه ي عل ت م ع ن ن أ ذي ال راط ص م ي ق ست مh ل ا راط ص ا ال دن ه ل:{ ا ا ذا ق إ ل، ف سأ
ل سأ ما ."
رواه مسلم (وكذلك مالك والترمذي وأبو داود والنسائي وابن ماجه)
Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a. Bahwasanya nabi صلى الله عليه وسلم bersabda, “Barangsiapa mengerjakan
sholat dengan tanpa mebaca, di dalam sholatnya, umm al-Quran (surah al-Fatihah), maka
sholatnya kurang (diucapkan beliau tiga kali, sebagai penegasan), tidak sempurnalah sholatnya.”
kemudian disampaikan kepada Abi Hurairah, sesungguhnya kami berada di belakang imam, maka
beliau berkata, bacalah dengannya (ummum Quran) untuk dirimu sendiri (sebagai makmum tetap
membaca al-fatihah), karena sesungguhnya aku mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda, “Allah
'azza wa jalla berfirman, 'Aku membagi sholat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua bagian.
Dan bagi hamba-Ku apa yang dia mohonkan, maka ketika hambaku berkata { ن مي عال ل ب ا ر ل د h م ح ل {ا
(Segala Puji Hanya Bagi Allah, Tuhan semesta alam) Allah 'azza wa jalla berfirman, Hambaku
telah memuji-Ku, dan ketika seorang hamba berkata, { م حي ر ن ال م ح ر ال } (Yang Maha Pemurah lagi
Maha Penyayang) Allah 'azza wa jalla berfirman, 'Hambaku telah memujiku', dan ketika seorang
mengucapkan, { ن دي م ال و ك ي مال } (Yang Menguasai di Hari Pembalasan), Allah berfirman, 'Hambaku
telah memuliakan Aku' – dan (Abu Hurairah) pernah mengatakan (dengan redaksi), 'Hambaku
telah berserah diri kepadaku', dan ketika seseorang berkata, { نh عي ست ك ن ا ي وإ د h h عب ك ن ا ي إ } (Hanya kepada
Engkau kami menyembah dan hanya kepada Engkau kami memohon pertolongan), Allah
Subhanahu wa ta'ala berfirman, 'ini adalah bagian-Ku dan bagian hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku
apa yang dimintanya', dan ketika seseorang berkata, :{ ر ي غ م ه ي عل ت م ع ن ن أ ذي ال راط ص م ي ق ست مh ل ا راط ص ا ال دن ه ا
ن ي ضال ل ال و م ه ي عل ب ضوh غ م ل ا } (Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah
Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan)
mereka yang sesat. ), Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, 'Ini adalah bagi hambaku, dan bagi
hambaku apa yang dia pinta ' ”
(diriwayatkan oleh Imam Muslim, dan begitu juga oleh Imam Malik, Imam Tirmidzi, dan Imam
Abu Dawud, Imam Nasai dan Imam Ibnu Majah)
Hadits Ke – 9
م: سل و ه ي عل h ا ى صل ا ل h سوh ر ل ا ل: ق ا ق h نه ع h ي ا ض ر رة ي ر h ي ه ب ن أ ع
ص" ق نت ن ا إ ر، ف س خ و ب خا د ق ت ف د س ن ف وإ ح، ج ن وأ ح فل د أ ق ت ف ح h صل ن إ . ف h هh لت ص ه مل ع ن م ة م ا ي لق م ا و د ي h ب ع ل ه ا ب ب h س حا h ما ي ل و ن أ إ
ى عل ه مل ع ر h سائ ن h كوh م ي h ة، ث ض ري لف ن ا م ص ق نت ما ا ا ه ل ب م ك h ي ع ف و ط ن ت م دي ب ع ل ل روا ه h h نظ ل: ا ج و ز ع ب ر ل ال ا ء ق k ي ش ه ضت ري ن ف م
ك ذل ."
رواه الترمذي( 1) وكذلك أبو داود والنسائي وابن ماجه وأحمد
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., beliau berkata, telah bersabda Rasulullah ,صلى الله عليه وسلم
“Sesungguhnya perkara/amal seorang hamba yang dihisab pertama kali adalah shalatnya.
Seandainya (shalatnya) baik, maka benar-benar paling beruntung dan paling sukses, dan
seandainya (sholatnya) buruk, maka dia benar-benar akan kecewa dan merugi, dan seandainya
kurang sempurna shalat fardlunya, Allah 'azza wa jalla berfirman, 'lihatlah apakah bagi hambaku
ini (ada amal) sholat sunnah (mempunyai sholat sunnah) yang bisa menyempurnakan sholat
fardlunya,' kemudian begitu juga terhadap amal-amal yang lainnya juga diberlakukan demikian ”
Hadits diriwayatkan oleh at-Tirmidzi(1), dan begitu juga oleh Abu Dawud dan Imam An-Nasai
dan Ibn Majah serta Imam Ahmad.
1. sunan Tirmidzi hadits no. 413 juz 2 hal. 271, begitu juga dapat dibaca di kitab Misykatul
mashaabiyh, hadits no. 1330-1331 juz 1, halaman 419, dan disahihkan oleh at-Tirmidzi
Hadits Ke – 10
ل : ا م ق سل و ه ي عل h ا ى صل ي ب عن الن ، h نه ع h ا ي ض ر رة ي ر h ي ه ب ن أ ع
" k حة ر ن: ف ا حت ر م ف صائ ل ول ( 1)، k ة جنh م h و ص وال ي، جل ن أ م h ه رب شh و h ه كل وأ h ه وت ه ش ع h د ه، ي زي ب ج ا أ ن وأ ي، م ل h و ص ل: ال ج و ز ع h ا ل h وh ق ي
ك س م ل ح ا ري ن م ا د ن ع ب h طي م أ صائ م ال ف( 2) ف h وh خلh ول ، h ه رب ى لق ن ي حي k حة ر وف ر، h ط ف h ن ي حي ."
رواه البخاري (وكذلك مسلم ومالك والترمذي النسائي وابن ماجه)
Diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a., dari Nabi صلى الله عليه وسلم, beliau bersabda, ”Allah Azza wa Jalla
berfirman, 'Puasa itu untukku, dan Aku yang akan memberikan ganjarannya, disebabkan
seseorang menahan syahwatnya dan makannya serta minumnya karena-Ku, dan puasa itu adalah
perisai, dan bagi orang yang berpuasa dua kebahagiaan, yaitu kebahagian saat berbuka, dan
kebahagiaan ketika bertemu dengan Tuhannya, dan bau mulut orang yang berpuasa lebih harum
disisi Allah, daripada bau minya misk/kesturi' ”
Hadits riwayat al-Bukhari, dan begitu juga oleh imam Muslim, dan Imam Malik, dan Tirmidzi dan
an-Nasai serta Ibnu Majah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar